Ada tiga kategori yang diperlombakan: 10K “Open” khusus untuk profesional dan warga negara asing, 10K “Close” untuk amatir dan warga negara Indonesia, 5K “Close” dan Kids Dash (khusus untuk anak-anak usia 6-12 tahun).

Anda yang sedang hobi lari dan tertarik mengikuti lomba-lomba tersebut, sebaiknya mulai mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan  jauh-jauh hari. Salah satu memperhatikan pakaian yang Anda kenakan, jenis sepatu, serta kebutuhan minum untuk menghindari dehidrasi. Coba tip dari Hario Tilarso, spesialis kedokteran olahraga.

Baju lari.
 Piliha baju lari model dri-fit atau memiliki banyak ventilasi. Hal ini agar proses pembakaran di tubuh bisa dikeluarkan dengan cepat. Jangan kenakan baju lengan panjang yang ketat karena akan membuat pori-pori tubuh tertutup.

Celana. Sesuaikan ukuran celana Anda, jangan terlalu ketat atau longgar, karena akan mengganggu gerak lari Anda.

Sepatu. Pemilihan sepatu yang salah bisa menyebabkan cedera kaki. Pilih sepatu dengan tinggi tidak melebihi mata kaki. Jangan menggunakan sepatu yang berat karena akan membuat otot-otot kaki Anda bekerja ekstra. Sepatu jenis lari yang baik adalah yang memiliki bentuk bagian depan dan belakang yang sedikit naik.

Minum. Jangan lupa untuk terus menjaga agar tubuh Anda terhidrasi. Minum 500-600ml air sekitar dua jam hingga 30 menit sebelum berlari. Saat berlari jangan lupa untuk terus mengonsumsi air sekitar 15-20 menit sekali. Selamat berlomba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *