Hiking atau berjalan kaki menempuh jarak jauh sangat menyenangkan.Apalagi jika dilakukan di lokasi dengan pemandangan alam yang indah. Namun tetap ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan hiking. Apalagi jika Anda tak pernah melakukan itu sebelumnya.

Berjalan kaki bukan perkara mudah. Apalagi jika jarak yang Anda tempuh sangat jauh, dengan medan jalan yang penuh tantangan seperti mendaki, menurun, atau berkerikil. Alih-alih sehat Anda malah akan terganggu cedera.

Berikut beberapa saran sebelum Anda melakukan hiking.

Pemanasan. Ini merupakan proses untuk mempersiapkan kondisi fisik Anda.  lakukan secara perlahan beberapa menit sebelum memulai berjalan kaki. Setelah makan sebaiknya jangan langsung berjalan kaki. Istirahatkan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan pemanasan kemudian mulailah berjalan kaki.

Lakukan secara bertahap. Jika Anda pemula atau belum pernah menempuh jarak jauh dengan berjalan kaki sebelumnya, lakukan secara bertahap agar otot-otot Anda terbiasa. Untuk awal, lakukan  berjalan kaki selama 20 menit.  Istirahat selama 10 menit, kemudian berjalan kembali dengan menambahkan waktu lebih dari 20 menit.

Berjalan dengan benar. Setiap orang memiliki ciri khas saat berjalan. Untuk menempuh perjalanan jauh sebaiknya lakukan dengan posisi badan tetap tegak, kedua tangan mengayun bebas, dan langkah kaki seirama dengan ayunan tangan (kaki kanan melangkah, tangan kiri mengayun ke depan).

Pakai yang tepat. Pilih sepatu yang ringan dan jangan lupa pakai kaos kaki. Sepatu ringan memberi tekanan ringan pada kaki Anda sehingga menghindari risiko cedera. Sementara kaos kaki bisa menghindari Anda dari risiko lecet karena gesekan dengan kulit sepatu.
Jangan lupa minum. Air putih merupakan teman setia yang wajib Anda bawa selama Anda berjalan kaki. Perjalanan jauh banyak menguras cairan tubuh. Akibatnya Anda bisa dehidrasi yang membuat Anda mudah, cedera dan hilang konsentrasi.

Istirahatlah. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan setelah berjalan jauh adalah istirahat. Lakukan beberapa peregangan selama istirahat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *