Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan berlari. Meski mudah dilakukan, nyatanya tidak sedikit orang yang merasa putus asa karena cepat kehabisan tenaga saat berlari.

Untuk mempertahankan stamina Anda saat berlari, coba lakukan interval training. Interval training pada dasarnya adalah teknik olahraga dengan memanfaatkan waktu seminim mungkin. Dalam teknik itu, olahraga dilakukan dengan periode yang tinggi, namun memiliki waktu istirahat sedikit selama jeda olahraga tersebut. Teknik tersebut biasanya dilakukan oleh para atlet sebelum bertanding, untuk memacu energi mereka.

Nah, interval training juga bisa digunakan dalam olahraga lari, entah ketika berada di atas treadmill atau luar ruangan. Anda bisa memulai dengan cara yang mudah. Yaitu, berlari selama lima menit dengan kecepatan sedang, kemudian beristirahat sambil berjalan kaki selama tiga sampai empat menit saja. Setelah itu, lanjutkan kembali berlari dengan kecepatan dan waktu yang sedikit bertambah, lantas ambil istirahat dengan waktu yang tidak melebihi waktu Anda berlari.

Sebaiknya, ambil istirahat yang lama, jika Anda merasa sangat kelelahan.

Dengan melakukan interval training, Anda juga bisa membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang relatif singkat, serta mengatur stamina lebih tinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *