Pernah mendengar saran untuk memakai jaket parasut saat berlari? Katanya, itu bisa membakar lemak lebih banyak. Faktanya, tidak demikian.

Hal itu berkaitan dengan anggapan bahwa semakin banyak keringat yang keluar saat berolahraga, maka semakin banyak lemak yang terbakar. Padahal, keluarnya keringat bukan indikasi pembakaran lemak, melainkan berkurangnya cairan tubuh.

Memakai jaket parasut saat berlari akan mempercepat pengeluaran keringat. Hal itu karena jaket berbahan parasut menyerap panas dan melepaskannya pada bagian dalam sehingga tubuh menjadi lebih cepat berkeringat.

Jika tujuannya untuk mempercepat proses pemanasan tubuh, maka penggunaan jaket parasut saat berolahraga dianjurkan. Itu pun sebatas saat pemanasan. Selebihnya, Anda disarankan untuk melepasnya. Karena semakin banyak cairan yang keluar, maka akan semakin cepat energi yang terkuras. Alhasil, latihan Anda menjadi tak maksimal.

Saat berolahraga, berat badan orang akan berkurang. Namun hal itu karena berkurangnya cairan tubuh, bukan karena pembakaran lemak. Semakin berkurang cairan tubuh, semakin tinggi risiko dehidrasi yang akan dialami, jika tidak segera dilakukan penggantian cairan.

Karena itu, setiap berolahraga, disarankan untuk mengikutiĀ aturan mengonsumsi air minumĀ sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *