Tidak perlu berkecil hati karena dengan berjalan kaki Anda bisa membakar kalori sebanyak yang bisa dilakukan dengan berlari.

Saat Anda berlari selama 30 menit maka Anda akan membakar kalori dua kali lipat dari berjalan kaki dalam waktu yang sama. Tetapi jika Anda berjalan kaki sepanjang rute yang sama dengan berlari, maka kalori yang Anda bakar akan sama.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Cooper Institute, Dallas, menyebutkan bahwa waktu yang Anda habiskan dalam berlatih lebih penting dari upaya keras Anda berlatih. Penelitian itu melibatkan 201 koresponden wanita yang memiliki berat badan berlebih. Mereka diminta mengubah program diet dan mengikuti satu dari empat program yang diberikan. Hasilnya, durasi berlatih lebih penting daripada intensitas untuk tujuan menurunkan berat badan.

Dengan berjalan kaki, kemungkinan Anda mengalami cedera kaki lebih sedikit daripada berlari. Saat Anda berlari, kaki Anda menjejak permukaan tanah dengan kekuatan sebanyak tiga sampai lima kali berat badan Anda. Dengan berjalan, kekuatan kaki saat menjejak permukaan hanya satu setengah kali berat badan. Semakin keras kaki Anda menjejak permukaan, semakin besar kemungkinan Anda mengalami cedera.

Nah, agar aktivitas jalan kaki Anda lebih memperkuat otot-otot kaki, pilihlah medan mendaki. Dan untuk menambah semangat Anda, gunakan alat penghitung langkah, seperti pedometer. Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang menggunakan alat ukur semacam itu akan berjalan lebih sering, dan berat badan pun jadi turun lebih cepat. (SUMBER: besthealthmag.ca)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *